Manfaat Madu Hitam Pahit Untuk Kesehatan

Manfaat-Madu-Hitam

Manfaat Madu Hitam Pahit – Sudah bukan menjadi rahasia umum, bahwa madu merupakan salah satu bahan alami yang mempunyai banyak khasiat. Namun bersumber dari nektar bunga yang dihisap oleh lebah-lebah madu, akan menghasilkan berbagai macam jenis madu, baik rasa dan warnanya terkadang berbeda. Salah satu jenis madu yang di hasilkan oleh lebah adalah Madu yang berwarna hitam yang biasa disebut Madu Hitam.

Apa Sebenarnya Madu Hitam Itu?

Pada umumnya madu yang beredar di pasaran kebanyakan berwarna kecoklatan dan biasanya berasa manis. Madu hitam atau biasa disebut Bitter Black Honey adalah jenis madu yang sedikit berbeda pada umumnya. Madu ini mempunyai warna lebih pekat dan kehitaman dan biasanya berasa lebih pahit. Sehingga di pasaran biasa disebut dengan Madu Hitam Pahit.

Tidak semua madu akan berasa manis. Beberapa madu hitam yang ada di pasaran biasanya berasa pahit. Kesannya seakan kurang menarik untuk diminati, tapi dibalik semua itu sebenarnya terdapat banyak kegunaan madu hitam ini untuk kesehatan tubuh.

Apa Saja Kandungan Pada Madu Hitam ?

Dari rasanya yang pahit, kita pasti sudah bisa menduga kalau kandungan gula dari madu yang dihasilkan oleh lebah liar ini sedikit saja. Hal ini disebabkan lebah liar tersebut suka menghisap aneka tumbuhan yang rasanya pahit seperti Bunga Singkong Karet, Paitan, Pelawan, Kaliandra, maupun Mahoni.

Berdasarkan beberapa penelitian, madu hitam pahit memiliki kandungan fenol yang lebih tinggi dari madu biasa. Semakin tinggi kandungan fenol maka kapasitas antioksidan flavonoid yang terkandung di dalam madu relatif juga akan lebih tinggi. Antioksidan sendiri bermanfaat untuk menambah kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Kandungan lengkap yang ada pada madu hitam diantaranya senyawa alkaloid, saponin, asam fenolat, flavonoid serta senyawa-senyawa lainnya. Seperti kandungan madu pada umumnya, Madu hitam juga mengandung banyak jenis vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia.

Beberapa Manfaat Madu Hitam Pahit

Madu hitam biasa dijual di pasaran dalam bentuk raw honey, jadi masih merupakan madu alami, belum melewati berbagai pemrosesan seperti madu jenis lainnya. Hal inilah bagi sebagian besar konsumen beranggapan madu hitam lebih baik dari madu lainnya.

1. Menurunkan Kolesterol

Madu hitam pahit mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Jika seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, hal ini dapat meningkatkan resiko terhadap penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular. Mengkonsumsi madu hitam secara rutin dapat membantu menetralkan kadar kolesterol dan dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit kardiovaskuler.

Madu hitam pahit secara langsung dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung koroner (PJK) karena adanya aktivitas antitrombotik dimana dengan adanya aktifitas ini dapat mencegah terjadinya gumpalan darah yang dapat berakibat serangan jantung.

2. Menurunkan Gula Darah

Manfaat madu hitam yang kedua adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Untuk itu, madu hitam baik sekali dikonsumsi untuk para penderita diabetes. Kandungan gula yang terdapat di dalam madu hitam tidak sebanyak pada madu biasa, sehingga madu hitam akan lebih aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

3. Menurunkan Gejala Asam Urat

Khasiat madu hitam berikutnya bahwa madu hitam dapat meredakan gejala asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang ditandai dengan sendi yang berasa nyeri dan biasanya disertai dengan bengkak. Sehingga para penderita asam urat ketika kambuh biasanya akan sulit bergerak. Dengan mengkonsumsi madu hitam secara rutin dapat mencegah asam urat kambuh kembali.

4. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Kegunaan madu hitam berikutnya adalah untuk mengatasi gangguan pernapasan, seperti gangguan radang tenggorokan. Madu hitam memiliki sifat antiinflamasi, sehingga dapat melegakan tenggorokan yang terkena radang tenggorokan.

Madu hitam baik juga dikonsumsi oleh penderita asma, selain itu madu hitam ternyata juga dapat membersihkan paru-paru dari berbagai patogen. Dengan mengkonsumsi madu hitam saluran penapasan pun dapat bekerja secara maksimal.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat madu hitam berikutnya adalah guna mengatasi gangguan pada pencernaan. Madu hitam ternyata berkhasiat dapat menetralkan asam lambung. Sehingga bagi penderita asam lambung, mengkonsumsi madu hitam dapat membantu menetralkan kembali produksi asam lambung. Karena dengan asam lambung yang terlalu berlebih, dapat menyebabkan gangguan lambung lainnya seperti tukak lambung, grastitis dan masalah pencernaan lainnya.

6. Meningkatkan Kinerja Fungsi Ginjal dan Hati

Hati dan Ginjal adalah organ tubuh yang sangat penting bagi tubuh. Dengan terganggunya fungsi hati dan ginjal dapat menyebabkan dampak buruk pada organ-organ tubuh lainnya. Kegunaan madu hitam daam hal ini mampu memelihara hati dan ginjal agar dapat bekerja dengan baik dan maksimal.

7. Sebagai Antioksidan

Kandungan fenol yang terdapat pada Madu hitam membuat madu hitam memiliki zat antioksidan lebih baik dibandingkan dengan madu biasa. Sehingga dengan mengkonsumsi Madu hitam, dapat membantu tubuh untuk menangkal keberadaan radikal bebas yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh. Karena kandungan antioksidan yang tinggi pada madu hitam, makanya madu hitam juga dipercaya mempunyai sifat antikanker.

8. Meningkatkan Stamina

Manfaat madu hitam berikutnya, seperti khasiat madu biasa adalah dapat meningkatkan stamina. Jika stamina yang bagus tentunya aktivitas harian Anda juga tidak akan terganggu. Mengkonsumsi madu hitam dapat mengembalikan stamina Anda setelah seharian bekerja keras, sehingga Anda masih memiliki tenaga untuk menajalankan aktivitas lainnya.

9. Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan Kulit

Khasiat madu hitam selanjutnya adalah untuk kecantikan. Jadi selain madu hitam dikonsumsi, madu hitam dapat juga digunakan untuk perawatan di luar tubuh seperti untuk perawatan kecantikan. Misalnya digunakan sebagai sebagai masker wajah. Sifat antiinflamasi dari madu hitam itulah yang diklaim mampu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Selain dapat mengatasi jerawat, madu hitam juga dapat menyamarkan keberadaan bintik hitam atau flek yang ada di wajah.

Manfaat madu hitam untuk kecantikan lainnya adalah memiliki kemampuan untuk menjaga kelembapan kulit. Jika Anda ingin menggunakan madu hitam sebagai perawatan kulit baik kulit tubuh atau wajah, caranya campurkan madu hitam dengan bahan lainnya seperti misalnya zaitun, kemudian oleskan rutin pada kulit Anda.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat madu hitam berikutnya adalah untuk meningkatkan sistem imun. Knadungan senyawa fenolat pada madu hitam sebagai penghasil antioksidan akan menciptakan kekebalan tubuh pada siapa saja yang rajin minum Madu hitam karena sifatnya yang antiinflamasi menjadikan madu hitam tidak hanya menyembuhkan, tetapi dapat mencegah dari serangan berbagai penyakit.

Demikian ulasan kami tentang Manfaat Madu Hitam Pahit Untuk Kesehatan. Yang perlu diperhatikan adalah konsumsilah madu yang benar-benar madu asli, sehingga kita akan merasakan betul Manfaat Madu.

Leave a Reply