Cara Membedakan Madu Asli Dan Palsu Dengan Cara Dibakar

Membedakan-Madu-asli-dan-palsu

Cara Membedakan Madu Asli Dan Palsu Dengan Cara Dibakar – Madu memang banyak memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Madu sudah digunakan oleh manusia sejak zaman dahulu untuk menjaga stamina. Kandungan yang ada di dalam madu membuat madu sebagai antioksidan, dapat juga sebagai obat batuk ataupun mencegah penyakit gula (Diabetes Melitus). Selain untuk di konsumsi, sejak zaman dahulu madu dipakai juga sebagai bahan dasar kecantikan.

Di pasaran banyak sekali beredar madu dengan berbagai merk tertentu, ada juga yang tidak bermerk. Namun hati-hati, karena di sebagian besar yang beredar di pasaran itu adalah madu palsu atau madu yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai madu asli, baik warna, tekstur dan rasanya. Yang jadi masalah adalah jika kita kedapatan membeli madu palsu, maka khasiat dan manfaat madu yang sebenarnya tidak akan kita dapatkan. Untuk itu ada baiknya kita mengetahui cara membedakan madu asli dan madu palsu.

Baca juga : Manfaat madu hitam pahit untuk kesehatan tubuh

Madu murni yaitu madu asli tanpa adanya campuran bahan-bahan lain. Lain halnya dengan madu palsu, didalamnya terdiri dari berbagai bahan yang dicampurkan hingga menghasilkan produk menyerupai madu. Ada berbagai cara dalam membedakan apakah madu itu benar-benar asli atau palsu. Namun pada ulasan kami saat ini kami hanya akan membahas cara membedakan madu asli dan palsu dengan cara dibakar, yang merupakan salah satu cara saja diantara berbagai cara lain yang akan kita bahas pada ulasan berikutnya.

Baca juga : Merk madu yang bagus untuk anak usia 1 tahun

Berbagai Cara Membedakan Madu Asli Dan Palsu Dengan Cara Dibakar

Karena madu mempunyai sifat mudah terbakar, maka kali ini kita akan mengetesnya dengan cara membakarnya.

  • Ambil sepotong kapas, kemudian celupkan kapas kedalam madu kemudian bakar. Jika mudah sekali terbakar maka kecenderungan madu tersebut asli. Namun sebenarnya cara ini kurang efektif, karena madu tercampur dengan kapas yang sifatnya juga mudah terbakar.
  • Cara lainnya Anda bisa menggunakan sendok. Ambil sebuah sendok kemudian tuangkan madu ke sendok. Kemudian bakarlah dengan api dari bawah sendoknya bisa menggunakan lilin. Kecenderungan madu asli setelah api panas akan mengeluarkan buih kemudian madu meluber. Madu palsu ketika di bakar mungkin hanya berbuih saja namun madu tidak akan tumpah atau meluber. Walapun ada yang meluber, mungkin hanya dalam jumlah sedikit saja.
  • Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan korek api. Ambillah sebatang korek api, kemudian celupkan korek api tersebut ke dalam madu. Kemudian cobalah menyalakan korek api tadi dengan cara menyulutnya ke api. Madu yang asli mempunyai kecenderungan akan mudah terbakar. Madu palsu mungkin akan susah terbakar, karena ada kandungan air yang tinggi.
  • Cara lain yang bisa kita gunakan untuk membedakan madu asli dan palsu adalah sebagai berikut. Karena madu merupakan bahan yang mudah terbakar, maka Anda harus tetap berhati-hati dalam melakukannya. Ambillah sebuah lilin kemudian tempatkan madu pada sumbu lilin tersebut. Madu asli mempunyai kecenderungan api akan tetap menyala pada sumbu lilin tersebut, karena sifat madu yang mudah terbakar. Madu palsu biasanya mempunyai kandungan air yang lebih tinggi dari biasanya. Makanya sumbu lilin kemungkinan besar akan tidak terbakar.

Baca juga: Temukan Manfaat ramuan bawang putih tunggal jahe merah lemon cuka apel dan madu

Demikian ulasan kami tentang berbagai cara membedakan Madu asli dan palsu dengan cara dibakar. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari madu yang benar-benar asli.

Baca juga : Tips cara menghilangkan flek hitam / bintik hitam di wajah yang membandel dengan madu

Leave a Reply