Manfaat Habbatussauda Berdasarkan Penelitian

Manfaat HabbatussaudaApa Sebenarnya Habbatussauda ?

Manfaat habbatussauda – Habbatussauda (Nigella Sativa)  yang sering dinamakan juga sebagai jintan hitam adalah jamu tradisional dimana sudah selama ribuan tahun yang lalu  telah digunakan oleh orang-orang yang tinggal di Timur tengah dan beberapa bagian Asia dan Afrika. Pada waktu itu manfaat habbatussauda digunakan untuk melawan penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh. Tumbuhan Habbatussauda sering disebut sebagai “blessed Seed/Biji yang dberkahi”.

Saat ini manfaat habbatussauda, masyarakat sudah semakin mengenalnya sebagai obat penyembuh yang manjur dan mujarab. Masyarakat banyak terlihat kembali menuju obat-obatan herbal serta jauh dari obat yang berbahan kimia yang sangat terbukti akan memberikan dampak maupun efek samping dan ketergantungan. Sehingga membuat masyarakat semakin mempercayai akan manfaat habbatussauda. Seperti kita ketahui bahwa ciri-ciri obat herbal adalah bersifat alami, tanpa ada efek samping, dan menjadikan tubuh kita sebagai subjek dalam melawan berbagai macam penyakit, sehingga obat herbal sangat efektif untuk mencegah akan datangnya penyakit.

Habbatus sauda adalah obat penyembuh yang telah dianjurkan Nabi. Di bawah ini petikan hadist mengenai Habbatus sauda.

“Hendaknya kalian mengkonsumsi habbatus sauda dikarenakan di dalamnya terdapat obat yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit kecuali kematian” {Hadist Riwayat Al Bukhori & Muslim ; Shohih Bukhori nomor 5688: Fathul Baari, 143/X; & Muslim, nomor 2215}

Apa Saja yang Terkandung Dalam Habbatussauda (Jintan Hitam) ?

Di dalam biji Habbatus sauda mengandung sekitar 100 komponen. Komponen tersebut merupakan sumber yang sangat kaya akan asam lemak tak jenuh serta mengandung minyak berkisar 35%, karbohidrat 38% dan 21% protein. Lebih dari 50% merupakan minyak asam lemak esensial. Asam Linoleatnya akan membantu dalam pembentukan prostaglandin E1, dimana akan membantu tubuh menyeimbangkan sistem kekebalan dalam tubuh serta dapat menghambat terjadinya infeksi dan mengatur reaksi alergi. Sedangkan Asam linoleat Gamma akan membantu menstabilkan membran sel. Habbatussauda juga mengandung sekitar 0,5-1,5% minyak atsiri termasuk thymochinon  dan Nigellon yang menyebabkan khasiat anti oksidan, anti-histamin, anti infeksi. Bahan lainnya yang juga ditemukan dalam Habbatussauda adalah kalium, kalsium, seng, besi, selenium, magnesium, vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin B2, dan niasin.

Nigella Sativa

Nigella Sativa

Berikut Ini Beberapa Manfaat Habbatussauda :

Manfaat Habbatussauda dalam meningkatkan kekebalan tubuh

Seorang ilmuwan dan Direktur dari Institut Imunologi , Universitas Munich Jerman, Prof. G. Reimuller  mengakui,  ekstrak dalam biji habbatus sauda bermanfaat dalam peningkatan sistem kekebalan dalam tubuh, juga dapat digunakan sebagai bioregulator. Habbatussauda mampu meningkatkan jumlah sel T yang diakui sangat baik dalam meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Dengan demikian minyak habbatus sauda bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh manusia seperti AIDS dan Kanker.

Manfaat habbatussauda sebagai Anti tumor

Seorang ilmuwan dari sebuah  laboratorium Imunologi  dan Kanker di California bagian Selatan saat dilakukannya sebuah kongres International tentang kanker  yang diadakan di India (New Delhi) menyebutkan bahwa senyawa di dalam habbatus sauda bisa merangsang dan sel kekebalan tubuh  dan sumsum tulang, serta dapat menghancurkan sel-sel tumor.

Manfaat habbatussauda sebagai Anti alergi

Penelitian oleh Chakravaty, Nirmal MD. pada tahun 1993 dapat membuktikan bahwa efek supressive akan terjadi jika diberikan kristal yang terdapat di nigellone, dimana Kristal-kristal dapat dengan cepat menghambat terjadinya protekinase C, yaitu zat yang dapat memicu proses pelepasan histamin. Histamin merupakan sebuah zat yang akan dilepaskan oleh jaringan tubuh dan memberikan reaksi alergi seperti pada penderita asma. Dari minyak habbatus sauda dapat diisolasi ditymoquinone. Pemberian minyak habbatus sauda berdampak positif bagi penderita asma.

Manfaat Habbatussauda dalam meningkatkan daya ingat dan Konsentrasi

kandungan dan asam linolenat (omega 3)  dan asam linoleat (omega 6) pada Habbatus sauda mampu memberikan nutrisi bagi sel-sel otak. Dimana nutrisi ini bermanfaat untuk dalam peningkatan daya ingat  dan kecerdasan. Peredaran darah menuju otak juga dapat dibantu diperbaiki dengan pemberian habbatus sauda.

Manfaat habbatussauda dalam Meningkatkan terjadinya bioaktivitas hormon

sterol merupakan Salah satu zat yang ada pada habbatus sauda  yang dapat berperan sangat aktif pada bioaktivitas hormon  dan sintesis. Hormon adalah zat bersifat aktif yang diproduksi oleh sebuah kelenjar endokrin dan akan masuk dalam proses peredaran darah.

Manfaat habbatussauda dalam Menetralkan racun

saponin merupakan salah satu kandungan dalam Habbatus sauda  yang dapat membersihkan dan menetralkan racun yang ada di dalam tubuh. Metabolisme dalam tubuh akan terganggu dengan adanya racun. Racun juga dapat mengurangi berfungsinya organ-organ yang sangat penting seperti halnya otak, hati dan paruparu. Jika terjadi keracunan, makan akan timbul gejala berupa pusing, diare, kemampuan konsentrasi yang cenderung menurun dan gangguan pernafasan.

MADU SUPER

Madu Murni + Habbatussauda + Minyak Zaitun

Manfaat habbatussauda dalam Mengatasi stress dan gangguan tidur

Fungsi lain dari Saponin yang terkandung  pada habbatus sauda,adalah untuk sebagai penghilang stress, mempertahankan diri dari gangguan tidur dan adanya  perubahan lingkungan. Kandungan saponin dapat mempengaruhi terjadinya metabolisme karbohidrat, lemak dan protein serta akan mempengaruhi fungsi ginjal, jantung, syaraf dan otot tubuh.

Manfaat Habbatussauda sebagai anti bakteri  dan Memperbaiki sistem saluran pencernaan

minyak dan volatil dan atsiri yang terkandung dalam Habbatus sauda bermanfaat dalam memperbaiki pencernaan. Kita tahu bahwa minyak atsiri Secara tradisional digunakan sebagai obat diare. Pada tahun 1992, sebuah jurnal Farmasi di Pakistan memberitakan hasil penelitiannya telah dibuktikan bahwa strainbakteri  E Coli  dan V Colera dapat lebih mampu dibunuh dengan menggunakan minyak volatil yang terdapat dari biji habbtaus sauda dibandingkan jika menggunakan antibiotik seperti Tetraciclin  dan Ampicillin.

Manfaat Habbatussauda dalam Melancarkan ASI

Air susu ibu (ASI) dapat lancar dengan tersedianya struktur hormonal  dan asam lemak yang bersifat tak jenuh  yang terdapat pada minyak habbatussauda. Penelitian ini oleh Universitas Potchestroom telah dipublikasikan dalam sebuah literatur penelitian pada tahun 1989.

Manfaat Habbatussauda sebagai Nutrisi penting yang dibutuhkan manusia

Berdasarkan hasil penelitian, dimana dalam Habbatus sauda sangat kaya dengan nutrisi. Untuk orang lanjut usia dapat menjaga vitalitas otak kembali agar tidak lekas pikun  dan daya tahan tubuh. Di dalam biji Habbatus sauda mengandung sekitar 15 asam amino dan terdapat di dalamnya asam amino yang bersifat essensial yang berjumlah 9. Tubuh tidak dapat memproduksi Asam amino essensial dalam jumlah cukup, maka perlu ditambah suplemen yang akan mencukupi akan kebutuhan asam amino yaitu dengan habbatussauda.

Untuk mendapatkan manfaat habbatussauda, kami dari Madu Hamba Perkasa mempersembahkan MADU SUPER yang merupakan perpaduan antara Madu Murni, Habbatussauda dan Minyak Zaitun. Khasiat Madu, Habbatussauda dan Minyak zaitun dalam MADU SUPER akan membantu dan memperbaiki kesehatan dan daya tahan tubuh anda, dengan cara rutin mengkonsumsinya setiap hari.

Incoming search terms:

  • gambar madu bayi habbatusauda ?
  • haabatusauda obat batuk alergi untuk anak
  • habatusaoda super
  • habbatus sauda super

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose
error: Content is protected !!
Visit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On LinkedinVisit Us On YoutubeVisit Us On PinterestCheck Our Feed